Info Pendidikan Indonesia>

Sanggar Tari Soerya Sumirat di Mangkunegaran



Sanggar Tari Soerya Sumirat
Sanggar Tari Soerya Sumirat

Sanggar Tari Soerya Sumirat didirikan oleh Gusti Pangeran Haryo (GPH) Herwasto Kusumo (alm) pada tahun 1982 di Pura Mangkunegaran Solo. Pada awalnya sanggar ini bernama sanggar tari Dipra, seiring berjalannya waktu dan banyaknya peminat kemudian sanggar ini diganti dengan Suryo Sumirat.

Para siswa yang tergabung di Sanggar Tari Soerya Sumirat terdiri dari anak-anak sampai orang dewasa, adapun materi yang diajarkan di sanggar ini adalah tari-tari klasik. Selain diajarkan bagaimana cara menari, disanggar ini sekaligus diajarkan tentang kemandirian dalam berpakaian dan merias diri. Bahkan para siswa juga diajarkan bagaimana memahami desain pakaian yang akan dikenakan, sehingga mereka terkadang harus bisa membuat sendiri meski pelatih yang merancangnya.

Di Sanggar Tari Soerya Sumirat kegiatan latihan dilakukan 2 kali dalam seminggu dengan durasi waktu masing-masing selama 2 jam. Jumlah pelatih di sanggar ini berjumlah 8 orang yang sebagian besar merupakan alumnus STSI (Sekolah Tnggi Seni Indonesia) yang saat ini berganti nama menjadi ISI Surakarta.

Sanggar yang dirintis oleh Gusti Heru (panggilan akrab GPH Herwasto Kusumo) ini terus berkembang dari waktu ke waktu. Jumlah siswa yang mencapai 300an ini dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan level dan jenis tari yang diajarkan. Siswa-siswi di sanggar ini selain dari wilyah Solo, juga terdapat siswa dari kota-kota lainnya, bahkan wisatawan asing seperti Jepang sering kali belajar seni tari klasik di Sanggar Tari Soerya Sumirat.

Tempat latihan Sanggar Tari Soerya Sumirat ini berada di Prangwedanan Mangkunegaran, sebuah tempat latihan yang sangat strategis karena berada di pusat kota Solo. Sedagkan kegiatan evaluasi latihan dilakukan setiap 4 bulan sekali, dengan pendanaan yang biasanya didapat dari para donatur dan iuran siswa-siswi sanggar.

Sebagai salah satu sanggar yang cukup lama keberadaanya di Kota Solo, Sanggar tari Suryo Sumirat seringkali mendapat undangan pentas di berbagai festival. Tak hanya festival dalam negeri tapi sampai ke mancanegara seperti Perancis, Maroko, Jepang, Belanda, Moscow, Malaysia, Singapore, China dan lain-lain.

Info tentang sanggar : https://www.facebook.com/sanggarSS/



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*