Info Pendidikan Indonesia>

Kuliah Jurusan Desain Interior, Ini Prospek Kerjanya



Kuliah dan prospek kerja jurusan desain interior
Desain 3D interior

“Kreativitas tanpa batas”, itulah jargon banyak orang yang meniti karier di Industri Kreatif. Begitupun dengan para mahasiswa yang kuliah di jurusan desain interior, ide dan gagasan segar selalu bermunculan saat dihadapkan pada satu ruang kosong.

Ruangan yang kosong, bagi seorang desainer interior ibarat kanvas putih yang siap diberi aneka bentuk dan warna sehingga menjadi karya seni bermutu tinggi.

Ada banyak cara dan gaya seseorang untuk bisa berkarya. Jika kamu suka dengan dunia tata ruang, kuliah jurusan desain interior bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan bakat dan minatmu.

Desain Interior sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang perencanaan ruang beserta tata letaknya dalam suatu bangunan. Perencanaan tata letak ruangan ini berguna untuk memecahkan berbagai permasalahan manusia baik fisik maupun non-fisik, khususnya yang terkait dengan keamanan, kenyamanan, menciptakan suasana hati tertentu sehingga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang saat berada dalam ruangan.

Menata ruang, bagi seorang desainer interior tak semata-mata hanya terkait dengan fungsi ruangan saja, namun didalamnya juga terdapat unsur estetika (keindahan) dan etika (norma). Faktor estetika dan etika inilah yang biasanya dapat mempengaruhi kejiwaan (psikologis) penghuninya.

Kuliah Jurusan Desain Interior

Jika Kamu tertarik masuk kuliah jurusan desain Interior, Kamu akan belajar banyak hal mengenai ilmu teknik dan seni. Dengan ilmu teknik, seseorang akan membuat rancangan tata ruang yang terukur sehingga aman untuk manusia, sedangkan dengan ilmu seni maka sebuah ruangan akan membuat rasa nyaman untuk ditempati.

Desain interior dapur yang mampu memberi rasa aman dan nyaman
Desain interior dapur yang mampu memberi rasa aman dan nyaman

Mampu menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif adalah target dari lulusan jurusan desain interior. Dengan modal kreativitas dan kemampuan inovasi, diharapkan lulusan desain interior mampu menjadi solusi terhadap berbagai masalah secara logis, dapat memunculkan karya-karya baru, dan menciptakan tren dalam dunia desain.

Saat kamu menjadi mahasiswa desain interior, di tahun pertama perkuliahan akan banyak belajar tentang pengetahuan dan kemampuan dasar-dasar Seni Rupa dan Desain. Pada tahun kedua, mahasiswa mulai masuk studio Desain Interior dan selanjutnya hingga tahun keempat, mahasiswa belajar membuat Desain Interior berbagai ruang sesuai dengan klasifikasi dan besaran ruang tertentu sesuai judul proyek.

Mahasiswa dituntut untuk mampu membuat desain dengan media digital dengan software khusus untuk Desain Interior & Arsitektur. Untuk mengenalkan dunia kerja Desain Interior sesungguhnya, menjelang Tugas Akhir, mahasiswa mengikuti Kerja Profesi di konsultan Desain Interior & Arsitektur.

Mata Kuliah Desain Interior

Gambar Teknik, salah satu mata kuliah jurursan Desain Interior
Gambar Teknik, salah satu mata kuliah jurursan Desain Interior

Mata kuliah jurusan Desain Interior setiap perguruan tinggi biasanya akan memiliki sedikit perbedaan, hal ini tergantung dari visi-misi dari program studi tersebut diselenggarakan. Meski demikian, secara umum beberapa mata kuliah yang ada di jurusan desain interior diantaranya adalah :

  • Pendidikan Agama
  • Sejarah Seni Rupa Indonesia & Dunia
  • Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
  • Pengetahuan Bahan dan  Alat
  • Bahasa Inggris
  • Nirmana
  • Menggambar
  • Interior Nusantara
  • Gambar Teknik
  • Ergonomi
  • Konstruksi
  • Estetika
  • Fisika Bangunan
  • Metode Desain
  • Desain Interior
  • Komputer Desain
  • Metodologi Penelitian
  • Mebel
  • Fotografi
  • Tata Laksana Proyek & Teknik Presentasi
  • Asesoris Interior
  • Seminar
  • Hak Kekayaan Intelektual
  • Etika Profesi
  • Kerja Profesi
  • Kewirausahaan
  • Tugas Akhir

Prospek Kerja Desain Interior

Meminjam istilah dari orang Jawa, “Sandang, Pangan, Papan” (pakaian, makanan, tempat tinggal) merupakaan salah satu bisnis yang tak pernah lekang oleh waktu. Papan atau tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok manusia yang semakin hari semakin berkembang, baik dari kuantitas maupun kualitasnya.

Desain interior sebagai salah satu elemen pekerjaan yang membuat tempat tinggal yang aman dan nyaman, tetap memiliki prospek kerja yang semakin luas. Semakin banyak bayi yang lahir, maka akan semakin banyak membutuhkan hunian yang nyaman.

Membahas tentang interior, sebenarnya tidak hanya terbatas pada interior hunian rumah saja. Kamu juga bisa merancang interior hotel, apartemen, rumah sakit, restoran, coffeeshop, distro, perkantoran, hingga interior ruang publik seperti bandara, stasiun, terminal, dan lain sebagainya.

Berikut ini berbagai contoh prospek kerja lulusan Desain Interior :

1. Jasa Desain Interior

Membuka Jasa Desain Interior
Membuka Jasa Desain Interior

Menilik dari nama jurusan Desain Interior, maka lulusan dari jurusan ini memiliki prospek bekerja sebagai perancang desain interior. Dengan bekal keahlian yang telah dimiliki Kamu bisa mendirikan biro jasa desain iterior secara mandiri ataupun bergabung dengan biro konsultan arsitektur.

Jasa Desain Interior bisa melayani berbagai macam pekerjaan yang terkait desain interior, bisa mulai dari penawaran konsep interior, gambar sketsa, gambar teknik, visualisasi gambar dan video 3D, ide penggunaan material dan mebelair, dan lain sebagainya.

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, menjual jasa desain interior selain dapat dilakukan secara offline (bertemu langsung dengan klien), juga bisa dilakukan dengan online. Menerima pesanan, menjual dan menjadi konsultan desain interior melalui media sosial maupun website, saat ini sudah menjadi cara baru yang cukup efektif untuk mendapatkan banyak pelanggan.

2. Jasa Drafter dan Visualizer 3D

Jasa Drafter dan Visualizer 3D Freelance
Jasa Drafter dan Visualizer 3D Freelance

Kemampuan dan keterampilan spesifik yang dikuasai oleh lulusan Desain Interior, bisa menjadi modal saat lulus kuliah untuk bekerja. Melayani jasa drafter dan Visualizer 3D misalnya, dengan kemampuan khusus memvisualkan rancangan desain interior dalam format gambar dan video tiga dimensi melalui komputer bisa menjadi mata pencaharian yang menggiurkan.

Jaringan kerja, portofolio yang mumpuni,  dan didukung strategi promosi yang jitu, menjadi modal untuk bergerak membangun usaha. Persiapkan tim khusus yang memang memiliki kemampuan dibidang ini, bikin badan usaha, perluas jaringan hingga skala regional maupun nasional.

3. Kerja di Perusahaan Konstruksi Interior

Alumni Jurusan Desain Interior Kerja di Perusahaan Konstruksi Interior
Alumni Jurusan Desain Interior Kerja di Perusahaan Konstruksi Interior

Terlalu sulit untuk wirausaha? Menjadi bagian dari perusahaan konstruksi interior juga bisa menjadi pilihan bagi lulusan jurusan Desain Interior. Di tempat ini kamu bisa menjadi pelaksana pekerjaan interior atau sebagai pengawas pelaksana pekerjaan interior.

Meski lulusan Desain Interior, jika Kamu berprestasi dan memiliki kemampuan lebih, kadang juga bisa menempati posisi sebagai manajer proyek di seluruh tahap konstruksi, bahkan bisa mengelola tim konstruksi.

4. Bisnis Properti

Masa depan lulusan desain interior bisa menekuni bisnis properti
Masa depan lulusan desain interior bisa menekuni bisnis properti

Perkembangan bisnis properti hingga saat ini sangat pesat, merata hampir diseluruh wilayah Indonesia. Semakin majunya bisnis ini tentu membutuhkan dukungan tim yang bekerja sebagai desainer interior. Peran desainer interior dalam bisnis properti adalah untuk meningkatkan nilai jual properti yang akan dipasarkan.

Bisnis properti sebenarnya juga bukan hanya perkara rumah hunian, dan bukan hanya urusan jual beli. Sewa menyewa ruko, perkantoran, guesthouse, dan apartemen yang memberi rasa nyaman bisa menjadi peluang usaha bagi lulusan desain interior.

5. Distributor Produk Interior

Distributor Produk Interior
Distributor Produk Interior

Setiap ruang pasti membutuhkan berbagai barang yang bisa dipajang, mulai dari furniture, karpet, wall covering,  lukisan, lampu hias dan sebagainya. Berbagai barang atau produk tersebut tentu ada yang menjadi produsen dan konsumen. Sebagai lulusan desain interior yang paham dengan produk-produk terbaik dikelasnya, kamu bisa menjadi distributor barang-barang tersebut.

Lakukan riset pasar untuk mencari pelanggan, cari produsen atau pabrik yang memproduksi barang-barang tersebut. Setelah itu jadilah distributor untuk salah satu atau beberapa jenis produk interior tersebut.

6. Toko Material

Toko Material Interior
Toko Material Interior

Pengetahuan bahan dan alat saat kuliah bisa menjadi modal utama untuk mendirikan toko material yang terkait dengan kebutuhan interior. Fokus pada salah satu produk ataupun beragam produk bisa menjadi pilihan untuk membuka toko material.

Kebutuhan material interior saat ini tak hanya dibutuhkan orang kota saja. Semakin terbukanya informasi melalui jagat maya, selera hunian masyarakat desa-pun saat ini sudah terkontaminasi dengan hunian kota. Perumahan tradisional sudah banyak berubah menjadi perumahan moderen. Kebutuhan interior rumahpun mengikuti mode rumah yang dibuat. Inilah peluang usaha lulusan desain interior untuk merintis usaha toko material.

7. Produsen Furniture

Lulusan Jurusan Desain Interior bisa menjadi produsen produk furniture
Lulusan Jurusan Desain Interior bisa menjadi produsen produk furniture

Kebutuhan furniture di setiap ruang berbeda-beda. Menjadi perancang sekaligus produsen furniture bisa menjadi pilihan pekerjaan bagi lulusan desain interior.

Fokus pada salah satu bahan baku ataupun beragam bahan baku bisa menjadi pilihan. Tentukan segmen pasar yang akan dituju, sesuaikan dengan produk yang akan dijual dengan pasar tersebut. Jika memungkinkan, buatlah produk lokal yang unik dan berkualitas sehingga bisa diekspor ke luar negeri.

8. Konsultan

Konsultan desain interior
Konsultan desain interior

Lulusan desain interior yang mumpuni bisa menjadi penasehat ahli pada lembaga/instansi pemerintah, bahkan membuat biro konsultan desain sendiri pun juga bisa. Untuk bisa memulai merintis biro konsultan sendiri sebaiknya bekerjalah dahulu di biro konsultan lain yang mapan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman.

9. Kontraktor

Lulusan jurusan interior bisa menjadi kontraktor
Lulusan jurusan interior bisa menjadi kontraktor

Kontraktor adalah orang atau badan usaha yang menerima dan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan biaya yang ditetapkan berdasarkan gambar atau desain, peraturan, dan syarat-syarat yang ditetapkan.

Sebagai lulusan jurusan desain interior, Kamu bisa menjadi kontraktor yang bekerja untuk biro atau perusahaan lain maupun dengan mendirikan biro atau perusahaan sendiri.

10. Pegawai Negeri Sipil

Menjadi pegawai negeri sipil
Menjadi pegawai negeri sipil

Bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan mimpi banyak orang yang menginginkan kehidupannya berada di zona nyaman. Jika Kamu tertarik menjadi PNS, jurusan desain interior juga dibutuhkan di lembaga pemerintahan.

Beberapa institusi pemerintah yang biasanya membuka pendaftaran CPNS untuk lulusan Desain Interior adalah kementrian Perindustrian,  Kementrain Perdagangan, Kementrian pekerjaan umum dan Kementrian Sekretariat Negara.

11. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Lulusan Jurusan Desain Interior bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Lulusan Jurusan Desain Interior bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Aktual

Bekerja sebagai pengabdi negara tak terbatas menjadi PNS saja. Jika Kamu punya kemampuan spesifik dibidang desain interior, kamu juga bisa melamar pekerjaan di Badan usaha milik negara atau BUMN.

Ada banyak BUMN yang memiliki peluang untuk lulusan desain interior, terutama BUMN yang berhubungan dengan jasa konstruksi. Misalnya saja di WIKA (PT. Wijaya Karya Persero), PT. Adhi Karya, Waskita, Nindya Karya, dan lain sebagainya.

12. Tenaga Pengajar

Mengajar desain interior
Mengajar desain interior

Kamu memiliki kemampuan berkomunikasi dan mengajar? Menjadi dosen ataupun guru SMK bisa menjadi pilihan. Saat ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi banyak membuka program studi Desain Interior.

13. Jurnalis

Wartawan yang mengulas berita tentang arsitektur dan interior
Wartawan yang mengulas berita tentang arsitektur dan interior

Bagi Kamu yang suka menulis, lulusan desain interior juga memiliki peluang untuk dapat bekerja sebagai penulis. Ada banyak majalah, koran, maupun tabloid yang membahas materi tentang desain interior dan arsitektur. Dengan bekal ilmu pengetahuan yang didapat saat kuliah, Kamu bisa menekuni profesi sebagai Jurnalis.

Baca Juga : Mau Kuliah Desain komunikasi Visual (DKV)? Baca Ini Dulu

Image : pixabay.com



9 Articles
Seorang ayah dan suami yang masih belajar menjadi manusia, tertarik dengan dunia pendidikan dan seni. Pernah jadi pelajar dan pengajar, aktivitas saat ini merawat rumah baca di tanah kelahirannya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.